Tips Mengolah Rendang Daging Ayam dan Sapi agar tetap Empuk

by:

Tips

Rendang adalah menu khas asal kota Padang yang saat ini sudah terkenal hingga ke penjuru dunia. Mulai dari rendang sapi, rendang ayam hingga rendang jengkol semuanya menawarkan citarasa khas yang tak mudah dilupakan. Selain kelezatan tersendiri, cara mengolahnya pun juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Membuat masakan rendang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Dimana tantangan paling umum ketika memasak rendang adalah mengolah daging sebagai bahan agar bisa empuk dikunyah namun tetap memiliki tekstur dan tidak hancur.

Tips Mengolah Rendang Daging Ayam dan Sapi agar tetap Empuk

Untuk bisa menghasilkan tekstur daging empuk, umumnya orang akan merebus daging dalam waktu yang lama dan dipotongi kecil-kecil. Sayangnya, cara ini justru mengurangi tekstur daging yang lembut. Lantas bagaimana caranya? Anda bisa mencoba menggunakan bahan-bahan berikut untuk membantu mengempukkan daging tanpa merusak teksturnya.

  1. Jahe

Jahe dapat mengusir amis pada daging dan dapat membuat daging agar lebih empuk. Mengaplikasikannya, Anda bisa melumuri daging dengan jahe parut atau diulek dan diamkan beberapa menit baru kemudian mengolahnya.

  1. Nanas

Buah ini memiliki kandungan enzim nabati yang sanggup melarutkan protein serta jaringan ikat dalam daging. Caranya Anda dapat menghaluskan nanas atau bisa juga dipotong tipis lalu dilumurkan atau ditempel ke permukaan daging. Diamkan selama beberapa jam sebelum daging tersebut dimasak.

  1. Mentega

Mentega mempunyai kadar keasaman yang tinggi dan mengandung kalsium yang dapat memicu enzim di dalam daging agar memecah protein. Menggunakan mentega untuk membuat daging empuk adalah dengan melelehkan mentega di atas api kecil dan lumurkan ke permukaan daging.

  1. Jus jeruk dan cuka

Lagi-lagi kadar keasaman yang digunakan, bedanya kali ini didapat dari jus jeruk dan cuka yang dapat membantu mengempukkan otot juga serat daging. Tak hanya itu, jus jeruk dan cuk juga bisa menambah citarasa pada daging. Ada pilihan jus seperti halnya jus lemon, jus jeruk nipis atau jus nanas yang bisa dicoba. Smentara untuk bahan cuka, Anda bisa memilih cuka apel, balsamic ataupun cuka makan.

  1. Teh pekat

Adanya kandungan tanin dalam teh memiliki fungsi pengempuk daging alami. Buatlah secangkir teh hitam dengan kadar pekat, lalu diamkan the tersebut sampai agak dingin. Gunakan teh tersebut untuk merendam daging selama beberapa menit.

Nah itulah tadi bahan-bahan yang mudah Anda dapatkan untuk membantu mengempukkan daging bahan untuk rendang Anda. Tidak perlu menggunakan obat-obatan yang justru dapat mengundang resiko kesehatan yang tak diketahui.

Cara Memasak Resep Masakan ikan bumbu kuning

 

Related posts:

Comments are closed.