Tes Psikotes Angka dalam proses Seleksi penerimaan Karyawan

by:

Karir

Mayoritas perusahaan menggelar psikotes dalam proses perekrutan karyawan, sebab psikotes dapat digunakan dalam menentukan posisi yang pas bagi calon karyawan tersebut sesuai kriteria yang ditentukan. Psikotes pun menjadi sangat penting demi mendapatkan karyawan baru sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Dalam prosesnya, ada berbagai bentuk soal dalam psikotes dimana masing-masing memiliki tujuan penilaian spesifik untuk kemampuan tertentu. Tes psikotes angka dalam proses seleksi penerimaan karyawan menjadi hal yang paling umum ditemukan. Dimana pada dasarnya ada 2 tipe yaitu penalaran logika aritmatika dan kraeplien. Berikut ini penjelasannya;

1.Penalaran Logika Aritmatika

Bentuk test ini lebih ditujukan demi mengukur bagaimana kemampuan seseorang untuk menganalisa serta memahami pola. Tes jenis ini berguna bagi perusahaan untuk menjaring kemampuan calon karyawan untuk menganalisa serta memahami pola suatu kondisi.

Tips pengerjaan soal-soal tipe ini:

  • Jangan terfokus pada deret hitung ataupun deret ukur perhitungan saja, ada baiknya Anda melihat angka keseluruhan dari sisi pandang lebih luas. Hal ini dikarenakan dengan hanya melihat 3 atau 5 angka pertama saja, Anda tidak akan dapat menganalisa pola dengan tepat.
  • Jangan hanya terfokus mengerjakan suatu soal saja sebab selama mengerjakan tes ini Anda diberikan waktu yang terbatas.

2.Kraeplien

Tes yang juga dikenal dengan sebutan Pauli test ini terdiri atas gugusan angka tersusun membujur dari atas ke bawah berbentuk lajur. Peserta tes diminta menambahkan (menjumlahkan) angka demi angka dalam tiap kolom dalam waktu yang sudah ditentukan. Tes ini berfungsi menilai ketahanan, kecepatan, ketelitian, konsistensi, penyesuaian diri dan kemampuan bertahan dalam tekanan selama menyelesaikan suatu pekerjaan.

Tips pengerjaan tes koran ini adalah:

  • Tidak perlu mencurangi waktu dan hasil penjumlahan yang dapat merugikan diri sendiri. Selain halnya sia-sia, grafik penjumlahan Anda juga menjadi tidak alami.
  • Sebaiknya Anda tidak menggunakan pensil mekanis yang mudah patah karena dapat menghambat Anda. Gunakanlah pulpen yang sudah Anda pastikan berfungsi dan masih berisi.
  • Konsentrasi menjadi hal yang paling penting dalam tes ini dimana biasanya mulai mengendur setelah memasuki pertengahan atau jelang tes ini berakhir. Kendalikan diri dan hemat energi agar tingkat fokus Anda tetap stabil selama tes.

Demikian tadi beberapa item tes psikotes angka dalam proses seleksi penerimaan karyawan beserta beberapa tips yang dapat Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum mengikuti proses tes.

Comments are closed.