Cara over kredit perumahan palembang

by:

Tips

Bagi anda yang ingin membeli perumahan salah satunya di wilayah Palembang maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa hal termasuk cara over kredit perumahan Palembang. Dimana over kredit perumahan tersebut merupakan proses pengalihan pembyaran kredit rumah KPR dari debitur yang lama kepada debitur yang baru. Misalnya bila anda ingin menjual rumah KPR dalam masa kredit dan belum lunas serta sertifikat rumah tersebut masih menjadi anggunan bank. Tentunya rumah tersebut bisa dibeli sesuai dengan kesepakatan harga serta membayar cicilan sisa angsuran rumah tersebut.

 

Mengenal 3 Cara Over Kredit Perumahan

  1. Melalui Bank yang Memberikan Kredit
    Untuk melakukan over kredit perumahan maka bisa dilakukan melalui bank karena dianggap lebih aman dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Dalam proses ini pihak pembeli dan penjual saling menghadap ke bank untuk pemindahan nama pemilik rumah ke pemilik yang baru. Pihak pembeli harus mempersiapkan berkas-berkas dan berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk permohonan pengalihan kredit. Besaran angsuran dan bunga biasanya sesuai dengan angsuran lama namun untuk suku bunganya bisa berubah jika memakai floating rate.
  2. Melalui Notaris
    Cara over kredit berikutnya adalah dengan mendatangi pihak notaris untuk pembuatan pengikat jual beli untuk pengalihan hak tanah dan bangunan. Selain itu pihak notaris juga akan membuatkan surat kuasa pelunasan angsuran KPR serta pengambilan sertifikat resmi tanah dan bangunan di bank untuk melunasi proses kredit. Pihak penjual harus membuat surat pernyataan yang berisi ambil alih hak kredit serta jaminan pada pihak bank. Surat pernyataan tersebut masih bernama debitur lama namun untuk angsuran dan sertifikat rumah sudah menjadi hak debitur baru.
  3. Bawah Tangan
    Cara over kredit perumahan ini tidak memakai jasa notaris untuk penerbitan dan pengesahan akta pengikat jual beli rumah yang berKPR. Tetapi pihak penjual dan pembeli menggunakan landasan saling percaya dan diperkuat dengan kuitansi yang bermaterai untuk harga jual rumah. Kemudian pihak pembeli berkewajiban menyelesaikan angrusan rumah di bank. Meskipun cara ini dianggap paling mudah dan praktis tetapi cukup rawan jika suatu saat terjadi sengketa.

Demikianlah penjelasan mengenai cara over kredit perumahan di wilayah Palembang yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas kini bagi anda yang ingin melakukan over kredit sebaiknya ketahui cara-cara di atas sehingga anda bisa memilih salah satu cara yang paling tepat.

Menghitung Pajak Penghasilan(PPH) jual beli Perumahan Palembang

Related posts:

Comments are closed.